Sejujurnya saya bukan orang yang dekat dengan orang tua, terutama ibu. Sempat saya sangat membenci ibu. Waktu itu (mungkin tidak sengaja karena emosi) ibu mengatakan  kata-kata kepada saya, kata-kata yang seharusnya tidak pantas dikatakan seorang ibu kepada anaknya. Untuk beberapa waktu, hubungan saya dengan ibu yang sudah renggang menjadi semakin berjarak. Saya tidak mau lagi menyapa, meminta tolong ataupun menolong ibu.

Tiba-tiba saja bapak bertanya padaku, "Kenapa kamu tidak menyapa ibu?" 
Awalnya saya hanya diam tak berkata apa-apa, tapi bapak bertanya terus sampai akhirnya saya ceritakan kata-kata yang dilontarkan ibu pada saya. Dengan bijak bapak mengatakan, "Mungkin ibu khilaf dan emosi." 
Ada benarnya apa yang dikatakan bapak bahwa saat itu, mungkin ibu khilaf dan emosi. Tapi saya tetap enggan memulai menyapa atau mengajak bicara ibu sampai akhirnya ibu sendiri yang mulai menyapa dan mengajak bicara. Kedengarannya saya sangat egois dan tidak sopan, tapi mau bagaimana lagi saat itu salah satu penyakit hati (kemarahan) sedang menjangkiti saya. Dan perlu di ketahui bahwa ketika amarah sudah menyelimuti hati maka mata dan juga pikiran pun akan ikut terbakar amarah.

Sejak kepergian bapak yang tiba-tiba, hubungan ibu dan saya mulai membaik.

Ibu sering bercerita tentang pesan yang selalu disampaikan nenek, tentang bagaimana bersikap terhadap orang tua. Jadi, saya akan mengutip sedikit tentang pesan nenek kepada ibu. Begini pesannya, "Jika ada orang tua marah, jangan dibantah atau dilawan dengan kata. Diam, diam, dan diam. Nanti jika suasana hati sudah sama-sama dingin barulah dibicarakan baik-baik", hanya itu pesan nenek, tapi saya juga punya pesan lain supaya kita bisa dekat dengan orang tua terutama ibu:
1. Buat orang tua (ibu) bahagia dengan cara membelikan makanan kesukaannya
2. Temani ngobrol, walaupun kita tidak suka ngobrol dengan ibu. Setidaknya jadilah pendengar setia obrolannya, lumayan daripada nonton tv yang acaranya hanya sinetron yang tidak berguna
3. Mengantar ibu ke pasar, lumayan kan bisa minta dibeliin jajanan pasar
4. Selalu ikhlas dalam mengerjakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh ibu.

Hanya 4 hal di atas yang tidak sengaja saya lakukan hingga membuat ibu kembali dekat dengan saya. Walau dekat tapi sebenarnya masih ada tembok besar yang memisahkan saya dan ibu hingga saya tidak pernah menceritakan apa pun tentang diri saya kepada ibu.


0 comments to "Tips Memperbaiki Hubungan dengan Ibu"

Posting Komentar

just say what you wanna say